REVIEW 10 KESALAHAN WEBSITE "TUTORIAL WEB DESIGN" BERDASARKAN JAKOB

REVIEW 10 KESALAHAN WEBSITE "TUTORIAL WEB DESIGN" BERDASARKAN JAKOB

Review website ini berdasarkan 10 kesalahan yang dipaparkan oleh jakob Nielsen :

Nama Website : Tutorial Web Design

Link  : http://www.tutorial-webdesign.com

Sebelum nya, saya akan menjelaskan sedikit menganai Website "Tutorial Web Desgn"
yang mana adalah salah satu link yang saya sukai dalam mencari referensi tugas kampus atau pengembangan ilmu Bahasa pemrograman web saya.
Mendengar kata tutorial, pasti yang ada di benak kita adalah cara atau langkah - langkah. Ya memang benar, fitur di dalamnya adalah mengenai tutorial atau langkah - langkah pembuatan fitur website dengan menggunakan Bahasa pemrograman HTML 5, CSS 3, PHP, Java Script. Namun di dalam website ini pun tersedia tutorial lain sebagai pendukung pembuatan website seperti, photoshop, pop Art, CodeInteger dll.

tampilan utama Tutorial Web Design

1. Search Engine











Mungkin saat pertama mengunjungi halaman web ini pasti kita akan kebingungan saat ingin mencari search engine, karena warna yang sedikiit kontras dengan background atau tulisannya yang sedikit kecil di sebelah paling kanan di bagian navigation menu. dan menurut saya itu menjadi salah satu kesalahan dari web ini, namun masih ada sedikit tambahan. akan lebih baik jika pada search engine diberikan sugest supaya mempermudah pengunjung web dalam melakukan pencarian.

2. Online Reading









Karena dari awal website ini memang bersifat memberi informasi saja, bukan website yang digunakan untuk share maupun menyimpan suatu dokumen. Saya rasa untuk fitur onlne reading tidak bermasalah dan saya kiira cukup baik, dan tidak ada hal yang terlihat aneh saat membaca tutorial atau artikel yang ada di dalam nya.

3. Not Changing of Visited Link











gambar diatas adalah gambar dari link yang telah saya buka dan link yang telah terbuka.
akan saya jelaskan, gambar yang pertama merupakan gambar dimana link "membuat Dropdown Menu Twiter Bootstrap Terbuka Saat Mouse Hover" sebelum saya klik atau saya open.
Dan gambar di bawah nya adalah gambar tampilan dari "membuat Dropdown Menu Twiter Bootstrap Terbuka Saat Mouse Hover" setelah di buka, namun setelah menu saya back atau kembali ke menu sebelum nya. Tidak terjadi perubahan yang signifikan (tampilan sebelum dan sesudah d buka sama saja). Walaupun ini adalah hal yang sepele namun pengunjung akan lebih terbantu apabila link di lengkapi dengan " link visited" pada setiap nlink nya, jadi apa bila link yang telah di kunjungi warna tulisan atau warna background berubah dan hal iitu pun memudahkan pengunjung dalam mengingat link mana saja yang telah di kunjungi.

4. Non-Scannable Text












Untuk segi Non-Scannable Text di website ini. Menurut saya website ini terbilang tidak begitu bermasalah karena meski artikel yang disuguhkan berupa tulisan dan gambar tanpa pemindaian, namun dalam artikel tersebut terdapat variasi dari segi text dan juga terdapat beberapa kata kunci yang yang mudah dipahami dan memiliki gaya penulisan yang sederhana pula.


5. Fixed Font Size











Untuk ukuran font yang ada di website ini adalah 15 px, dan saya kira hal tersebut tidak menjadi masalah karena menurut saya sudah sangat nyaman untuk dibaca. karena mungkin juga yang mengunjungi dari website ini adalah siswa dan mahasiswa, atau orang awam yang usia diatas nya menurut saya juga tidak ada yang perlu di permasalahkan pada ukuran font nya.


6. Pages Title With Low Visibility Search Engine

Menurut saya untuk masalah Judul halaman sudah sesuai dengan artikel, hanya saja kata - design di belakang akan lebih pas bila diganti dengan kata Developer atau lebih tepat nya "Tutorial Web Developer"

7. Advertisement











Untuk masalah Advertisement pada website ini menurut saya , si pembuat website sangatlah bijak untuk penempatan sponsor atau iklan, karena disini saya sebagai pengunjung sama sekali tidak terganggu dengan adanya iklan pada website ini. Karena diletakan pada samping kiri di bawah navigasi menu dan itu pun kosong tidak ada isinya apa - apa jadi pengunjung tetap merasa nyaman saat mengunjungi website ini.

8. Violating Design Convention
Untuk Masalah Design menurut saya tidak ada yang perlu di koreksi, mengingat dari nama website ini juga berkaitan dengan design dari sebuah Web. untuk pemilihan warna, degradasi warna, hover, tata letak, semua nya nyaman, dan yang terpenting adalah website ini menggunakan backgroung belakang yang smple, sehing ringan saat dii buka.
hanya sedikit masukan dari saya, akan lebih baik jika tombol search, pada kolom nya di beri warna berbeda, supaya pengunjung tidak kesusahan saat ingin melakukan pencarian

9. Opening New Browser Windows
Untuk masalah membuka halaman broser baru dengan sendirinya, dalam website ini tidak terjadi hal demikian. Yang ada hanya membuka tab baru pada halaman browser yang telah dibuka, itupun hanya saat kita meng-klik atau membuka pada salah satu iklan yang terletak pada sisi kiri website.

10. Not Answering User Question











Dalam website ini terdapat kolom komentar di setiap artiikel nya, dan si pemilik website pun juga sangat interaktif saat menjawab pertanyaan dari pengunjung. dan itulah yang membuat saya sendiri betah mengunjungi websit ini karena setiap ada masalah yang saya temui saat mencoba tutorial nya pasti di bantu melalui jawaban yang di sematkan pada kolom komentar.

0 komentar: